Resep Sayur Asam Nusantara Yang Bergizi

Spread the love

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak keanekaragaman. Di kancah internasional, negara kita sangat terkenal akan budaya, ras, suku yang bermacam-macam. Tidak hanya itu saja, Indonesia juga terkenal dengan masakannya yang sangat kaya akan rempah-rempah. Bumbu masakan nusantara memang sangat berbeda dengan masakan-masakan negara lain.

Legenda Sayur Asam

Indonesia dengan berbagai pulau membuat setiap daerah memiliki makanan khas daerah masing-masing. Namun, salah satu masakan nusantara yang melegenda di setiap daerah adalah sayur asem. Sebenarnya sayur asem adalah makanan khas Jawa Barat namun kini sudah disukai hampir semua masyarakat Indonesia. Legendanya, sayur asam dulunya muncul ketika Indonesia ada pada masa-masa sulit dan kesusahan. Seseorang membuat sayur hanya berbahan asam dan cabe. Pada waktu itu, sayur yang diberikan pun seadanya alias campur-campur mulai dai wortel, kubis, kacang dan lain-lain. Rasanya memang asam namun memberikan kesan kesegaran. Kini, sayur asam sudah menjadi salah satu masakan favorit makan siang.

Membuat Sayur Asam Khas Nusantara

Untuk bisa menikmati sayur asam, Anda bisa membelinya di warung-warung makan. Namun, saya sarankan lebih baik membuar sayur asam sendiri. Selain lebih sehat dan aman, Anda bisa menikmatinya dalam keadaan hangat. Cara membuatnya juga simpel banget. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan diantaranya adalah:

  1. 4 buah kacang panjang, potong-potong
  2. 1 buah labu siam, potong-potong menjadi bentuk dadu besar.
  3. 1 buah jagung manis ukuran sedang, potong-potong
  4. 10 buah melinjo
  5. 2 buah asam Jawa
  6. 2 cm lengkuas
  7. 2 lembar daun salam
  8. 1 liter air
  9. 1 sdt gula
  10. 1 sdt garam
  11. 5 buah cabai
  12. 5 siung bawang merah
  13. 2 siung bawang putih

Cara membuat:

  1. Cuci semua sayuran yang telah dipotong-potong
  2. Rebus air menggunakan panic
  3. Sambil menunggu air mendidih, iris bawang merah, bawang putih, cabai.
  4. Jika air sudah mendidih, masukkan bumbu iris tersebut dan masukkan juga lengkuas serta daun salam. Aduk sampai baunya wangi.
  5. Masukkan melinjo dan labu siam terlebih dahulu. Kedua jenis sayur ini membutuhkan waktu yang agak lama untuk matang.
  6. Jika melinjo dan labu siam sudah matang, masukkan sayuran-sayuran lain dan tunggu sampai layu.
  7. Masukkan asam Jawa, gula dan garam. Aduk sampai rata dan angkat.

Sangat mudah bukan? Waktu untuk membuat sayur asam juga sangat singkat. Anda mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit.

Manfaat Mengonsumsi Sayur Asam Bagi Tubuh

Walaupun terlihat sederhana, sayur asam ternyata memiliki banyak zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh loh. Sayuran yang terdapat dalam sayur asam mengandung banyak vitamin dan serat yang sangat baik untuk pencernaan. Perlu Anda ketahui, mengonsumsi buah dan sayur sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Orang yang jarang mengonsumsi sayur badannya cenderung terlihat kurang segar. Berikut beberapa manfaat sayur asam bagi tubuh:

  • Meningkatkan metabolisme tubuh

Jagung manis dan kubis pada sayur asam dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Jagung sebagai pengganti nasi juga sangat cocok untuk membantu program diet.

  • Mengobati sakit tenggorokan

Asam Jawa bermanfaat untuk mengatasi sariawan,ย  membantu meredakan batuk, dan mengobati sakit tenggorokan.

  • Mengontrol kadar gula dalam darah

Protein dan serat dalam kacang panjangย  bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tubuh.

Itulah beberapa manfaat sayur asam bagi tubuh. Yuk, rajin mengonsumsi sayur! Masak sayur sendiri lebih sehat dan bergizi.

error: Content is protected !!