Tumis Kangkung Rasa Bintang Lima

Spread the love

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar adalah dambaan setiap orang. Untuk memiliki tubuh yang sehat, tentunya harus menjaga pola makan dan gaya hidup yang baik. Jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol dan gula. Perbanyak mengonsumsi buah dan sayur, salah satunya sayur kangkung.

Kangkung Darat dan Kangkung Air

Kangkung adalah salah satu jenis sayur yang dapat tumbuh di berbagai daerah di Indonesia. Sayur kangkung dibedakan menjadi dua jenis yakni kangkung darat dan air. Sesuai dengan namanya, kangkung darat adalah kangkung yang tumbuh didarat. Kangkung air adalah kangkung yang tumbuh di air. Kangkung air daunnya pendek-pendek dan tumpul sedangkan kangkung darat daunnya panjang-panjang dan ujungnya runcing.  Keduanya memiliki rasa yang sama-sama enak.

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

Kangkung memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, diantaranya adalah:

  • Mencegah dehidrasi

Kangkung mengandung kalium dan natrium yang berguna untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh. Dengan mengonsumsi kangkung, Anda dapat terhindar dari dehidrasi.

  • Mencegah radang

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kangkung mampu melawan bakteri-bakteri yang menyebabkan radang seperti Bacillus subtilis.

  • Mencegah diabetes

Kandungan antioksidan dalam kangkung dapat mengontrol kadar gula darah sehingga dapat mencegah diabetes.

  • Mengobati anemia

Kangkung mengandung banyak mineral yang dapat mengurangi gejala anemia. Ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi kangkung. Seperti yang kita tahu, ibu hamil adalah kelompok yang berisiko tinggi terkena anemia.

  • Kesehatan mata

Kangkung mengandung banyak vitamin A. Seperti yang kita tahu bahwa vitamin A sangat baik untuk panca indra penglihatan.

Bagaimana Cara Mengolah Kangkung?

Anda mungkin sering mendengar bahwa sayuran akan memiliki banyak nutrisi jika dimakan secara mentah-mentah seperti dijadikan lalapan. Memang betul, sayur yang tidak melalui proses memasak, zat gizi didalammya tidak hancur. Namun, tidak semua sayur bisa dikonsumsi secara mentah-mentah. Kangkung termasuk sayur yang tidak bisa dikonsumsi mentah-mentah, melainkan harus diolah terlebih dahulu.

Cara paling umum untuk mengolah kangkung adalah dengan ditumis. Tumis kangkung sudah menjadi sayuran favorit pendamping lauk lainnya. Anda bisa lihat, rata-rata setiap rumah makan menggunakan sayur kangkung. Hal ini tidak lain disebabkan karena sayur kangkung yang mudah diperoleh, harganya sangat murah dan cenderung tidak berubah.

Untuk membuat tumis kangkung, caranya sangat mudah. Bahan-bahan yang diperlukan diantaranya adalah kangkung, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe keriting, tomat, air, gula dan garam. Langkah-langkah membuatnya yaitu:

  1. Iris bawang merah, bawang putih, dan cabe secara halus.
  2. Cuci kangkung sampai bersih. Untuk batang kangkung, lebih baik dikempesin dengan cara ditekan. Hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada binatang di dalam batang. Jika ada binatang seperti lintah dalam batang tersebut dan tidak mati selama proses masak, hal tersebut sangat membahayakan tubuh.
  3. Siapkan wajan, masukkan minyak dan panaskan.
  4. Masukkan bumbu yang sudah diiris-iris, aduk sampai harum.
  5. Masukkan kangkung, aduk rata.
  6. Jika sudah mulai terlihat layu, tambahkan sedikit air. Jangan terlalu banyak karena kangkung sudah mengandung air.
  7. Tambahkan gula dan garam, sesuai selera. Aduk hingga matang.

Tips ketika masak kangkung adalah jangan terlalu lama menumis. Kita sering lihat ada tumis kangkung yang sampai kehitaman. Hal tersebut terjadi karena waktu memasak yang terlalu lama. Jika demikian, kandungan gizi dalam kangkung sudah pasti berkurang. Untuk itu, perhatikan waktu memasak.

error: Content is protected !!