Makna Setiap Sisi Nasi Tumpeng

Spread the love

Indonesia adalah Negara yang tak hanya kaya akan budaya dan pariwisatanya. Pasalnya, kekayaan makanan serta tradisi juga telah melekat pada setiap sisi masyarakat. Salah satu makanan yang wajib hadir dalam segala jenis perayaan adalah nasi tumpeng. Pesan Tumpeng menjadi salah satu alternatif solusi untuk mendapatkan tumpeng idaman sesuai dengan kebutuhan.

Berbicara masalah nasi tumpeng, pastinya tak asing lagi di telinga dan lidah masyarakat Indonesia. Pasalnya, nasi yang awal mulanya digunakan untuk perayaan gunung ini kini telah digunakan dalam segala jenis perayaan mulai dari ulang tahun, acara adat, acara keagamaan, hingga acara makan-makan bersama dengan keluarga tersayang.

Nasi yang disusun sedemikian rupa ini tak berarti hampa. Artinya, setiap elemen yang ada memiliki makna yang tak bisa dipisahkan. Setiap elemen lauk bahkan memiliki makna tersendiri sehingga, pantas saja jika lauknya tak bisa dipisahkan dan diganti dengan bahan yang lain.

Makna Setiap Lauk Dalam Nasi Tumpeng

Setiap elemen lauk yang dipilih dalam pembuatan nasi tumpeng ini bukan asal seperti itu saja karena semuanya sudah memiliki porsinya masing-masing dan makna tersendiri. Berikut adalah makna dari setiap lauk yang ada dalam nasi tumpeng.

  • Nasi putih

Mungkin banyak orang yang mengira jika nasi tumpeng ini terbuat dari nasi kuning saja. padahal, awal muasal nasi tumpeng sendiri dibuat menggunakan nasi putih. Kini, nasi tumpeng bisa dimodifikasi menggunakan nasi putih, nasi kuning, atau bahkan nasi uduk sesuai dengan selera. Nasi ini akan dibuat menyerupai bentuk kerucut. Hal ini bermakna jika segala yang akan kita dapatkan dan yang akan dimakan adalah sesuatu yang bersih dan halal.

  • Ayam

Lauk yang wajib ada dalam nasi tumpeng adalah ayam. Ayam ini tak boleh dipilih sembarangan karena ayam yang dipilih harus ayam jago. Pemilihan ayam jago ini bertujuan untuk dapat menghindari sifat buruk ayam jago mulai dari sombong, suka mencela, dan selalu merasa benar sendiri.

  • Ikan lele

Mungkin banyak orang yang belum familiar akan ikan lele sebagai lauk dalam nasi tumpeng. Pasalnya, saat ini kebanyakan orang justru telah mengganti ikan ini dengan ikan lain. Padahal, ikan lele ini memiliki makna yang dalam yakni ketabahan serta keuletan dalam menjalani hidup. Pasalnya, ikan lele dapat hidup dan bertahan di lingkungan yang kurang air atau bahkan sungai sekalipun.

Lauk Wajib Dalam Nasi Tumpeng

Saat Anda akan Pesan Tumpeng, maka pastinya ada beberapa lauk yang wajib ada dan terkesan tak bisa dipisahkan dengan nasi tumpeng. Lauk ini menjadi andalan serta penyempurna nasi tumpeng.

  • Telur

Salah satu lauk yang wajib ada dalam nasi tumpeng adalah telur. Telur ini bisa disajikan dalam bentuk suwir yang sudah digoreng atau bahkan telur rebus sekalipun. Makna dari telur sendiri adalah penciptaan semua manusia adalah sama sehingga tak bisa dibedakan antara yang satu dengan yang lain.

  • Sayur urab

Lauk yang wajib ada lainnya selain telur adalah sayur urab. Sayur ini bukan asal dipilih begitu saja karena sayur ini juga memiliki makna yang dalam. Makanya juga tergantung pada jenis sayur yang digunakan. Biasanya, akan menggunakan sayur kangkung, bayam, tauge, yang juga dilengkapi dengan bumbu urap dari kelapa.

Nasi tumpeng kini menjadi hal yang wajib ada dalam setiap acara. Sehingga, Pesan Tumpeng bukan lagi menjadi hal yang langka. Yuk pesan nasi sesuai dengan kebutuhan Anda karena kini nasi tumpeng sudah bisa dimodifikasi sesuai acara.

error: Content is protected !!