Kuliner Khas Magelang

Spread the love

Kuliner Khas Magelang – Magelang adalah salah satu kota yang ada di Jawa Tengah. Walaupun kecil, kota yang satu ini memiliki berbagai macam hidangan yang bisa Anda coba. Selain terkenal dengan kuliner bernama getuk, Magelang juga terkenal dengan beberapa hidangan lainnya. Berikut adalah beberapa jenis hidangan dari Magelang yang bisa Anda coba.

Kuliner Khas Magelang

Daftar Kuliner Khas Magelang Spesial yang Enak

  • Grubi

Hidangan yang pertama adalah berupa camilan. Camilan ini bernama grubi yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Magelang. Grubi ini terbuat dari bahan ubi jalar yang dibentuk menjadi bola-bola kemudian digoreng. Hidangan tersebut memiliki cita rasa yang manis karena menggunakan gula merah juga.

Sampai sekarang grubi masih sangat mudah Anda temukan di Magelang. Biasanya banyak dijual di toko-toko kecil. namun juga banyak dijual di toko oleh-oleh dengan kemasan yang lebih menarik.

  • Geblek

Kuliner yang memiliki nama unik dari Magelang ini adalah geblek. Geblek bahkan menjadi ikon kuliner dari Magelang. Banyak orang menyukai kuliner yang satu ini walaupun teksturnya cukup alot. Geblek terbuat dari bahan tepung singkong. Pada saat dulu biasanya digunakan untuk jajanan yang ada di pasar.

Namun saat ini sudah sulit untuk menemukan geblek. Biasanya jika Anda memang menginginkannya bisa pesan kuliner khas Magelang ini melalui catering.

  • Slondok

Camilan yang juga memiliki nama unik selanjutnya adalah slondok. Slondok ini termasuk dalam kerupuk dengan bahan dasar dari singkong. Dikarenakan terbuat dari singkong maka slondok ini lama-lama juga bisa mengenyangkan. Biasanya slondok akan hadir dengan berbagai macam varian rasa. Seperti rasa balado, keju dan juga rasa lain.

Berbeda dengan geblek yang sudah sulit Anda temukan, slondok ini masih mudah Anda temukan. Toko oleh-oleh akan banyak yang masih menjual hidangan satu ini untuk Anda bawa sebagai oleh-oleh.

  • Jemunak

Hidangan ini jika terlihat sekilas seperti bubur sumsum. Uniknya hidangan yang termasuk dalam jajanan tradisional ini banyak Anda temukan hanya pada saat bulan puasa saja. Biasanya akan banyak penjual di pinggir jalan yang menjual jemunak ini. Jemunak ini memiliki cita rasa yang manis karena menggunakan kuah atau cairan dari gula merah.

Bubur utamanya menggunakan bahan ketela, gula merah, beras ketan dan kelapa. Kemudian untuk sausnya akan menggunakan gula merah. Jajanan ini akan banyak Anda temukan pada bulan Ramadhan sebagai takjil.

  • Sego megono

Jika Anda ingin kuliner berat maka bisa mencoba hidangan bernama nasi megono ini. Jika di daerah lain hidangan khas saat Hari Raya adalah opor ayam atau ketupat, maka berbeda dengan Magelang. Magelang memiliki tradisi dimana nasi megono akan menjadi hidangan khas yang dinikmati di Hari Raya. Sesuai dengan namanya, hidangan ini adalah nasi dengan lauk berupa megono atau klupan.

Megono merupakan sayuran yang dikukus dan dimasak dengan bumbu seperti jeruk purut, kencur, lombok. Megono tersebut akan dilengkapi dengan ikan bakar atau ikan teri goreng. Anda bisa mendapatkan sego megono ini pada catering yang jual kuliner khas Magelang.

Artikel Lainnya : Snack Box Tanjung Priok

  • Sego godog

Dalam bahasa Jawa, sego godog ini berarti nasi rebus. Jadi hidangan ini menggunakan bahan utama berupa nasi yang digodog. Hidangan ini akan cocok untuk Anda yang bosan dengan menu nasi putih biasanya. namun selain nasi saja, hidangan ini juga menggunakan bahan lainnya. Seperti tomat, telur, kubis, dan ayam.

  • Mangut lele

Untuk Anda yang menyukai ikan yang satu ini, maka bisa mencoba hidangan berupa mangut lele. Hidangan ini memiliki cita rasa yang gurih, pedas dan manis. Perpaduan antara ikan lele yang gurih dengan kuah kuning kemerahan akan sangat cocok Anda coba. Bumbu yang digunakan seperti kunyit, cabai hijau, cabai merah, jahe, kencur, serai, daun salam, lengkuas, jeruk purut dan santan.

Hidangan ini akan sangat cocok bila Anda nikmati dengan kerupuk dan nasi hangat. Untuk harga kuliner khas Magelang murah ini cukup terjangkau dan bisa Anda temukan dengan mudah.

  • Mangut beong

Mangut sebenarnya adalah hidangan yang berbentuk gula dengan kuah kaldu encer dan pedas. Bahan utama yang digunakan untuk membuat mangut ini adalah ikan beong. Oleh karena itu dinamakan mangut beong. Ikan beong merupakan ikan air tawar sejenis lele namun lebih besar.

Untuk membuatnya ikan beong akan digoreng terlebih dulu. Kemudian akan dimasak lagi dengan kuah pedasnya sampai meresap. Hidangan ini tentunya akan sangat cocok bila Anda nikmati dengan nasi hangat, udang, ayam bacem, sayur tracel dan oseng-oseng kikil.

  • Buntil daun talas

Buntil adalah hidangan yang cukup terkenal di Magelang. Jika biasanya berbentuk bungkusan dengan campuran makanan dan dibungkus dengan daun pepaya. Namun di Magelang justru akan dibungkus dengan daun talas. Buntil ini merupakan hidangan tradisional dari Magelang.

Biasanya untuk jenis daun yang digunakan adalah daun talas yang masih muda. Sedangkan untuk isiannya akan menggunakan udang asin, parutan kelapa, dan biji petai. Buntil daun talas tersebut biasanya akan dinikmati dengan kuah santan dengan bahan cabai dan rempah lainnya.

  • Sup senerek

Kuliner khas yang terakhir adalah sup senerek. Sup ini merupakan hidangan khas yang jika dilihat akan sama dengan sup umumnya. Namun yang membedakannya sup ini menggunakan tambahan berupa kacang merah dan bayam. Hidangan ini juga banyak dinamakan dengan sup kacang merah.

Itulah beberapa kuliner khas Magelang yang spesial dan wajib untuk dicicipi ketika pergi liburan ke Magelang.

error: Content is protected !!